{ ياأيها الرسول لاَ يَحْزُنكَ
} صُنْعُ { الذين يسارعون فِى الكفر } يقعون فيه بسرعة أي يظهرونه إذا وجدوا فرصة {
مِنْ } للبيان { الذين قَالُواْ ءَامَنَّا بأفواههم } بألسنتهم متعلق ب ( قالوا ) {
وَلَمْ تُؤْمِن قُلُوبُهُمْ } وهم المنافقون { وَمِنَ الذين هِادُواْ } قوم {
سماعون لِلْكَذِبِ } الذي افترته أحبارهم سماع قبول { سماعون } منك { لِقَوْمٍ }
لأجل قوم { ءاخَرِينَ } من اليهود { لَمْ يَأْتُوكَ } وهم أهل خيبر زنى فيهم محصنان
فكرهوا رجمهما فبعثوا قريظة ليسألوا النبي صلى الله عليه وسلم عن حكمهما {
يُحَرّفُونَ الكلم } الذي في التوراة كآية الرجم { مِن بَعْدِ مواضعه } التي وضعه
الله عليها أي يبدّلونه { يَقُولُونَ } لمن أرسلوهم { إِنْ أُوتِيتُمْ هذا } الحكم
المحرف أي الجلد أي أفتاكم به محمد { فَخُذُوهُ } فاقبلوه { وَإِن لَّمْ تُؤْتَوْهُ
} بل أفتاكم بخلافه { فاحذروا } أن تقبلوه { وَمَن يُرِدِ الله فِتْنَتَهُ } إضلاله
{ فَلَن تَمْلِكَ لَهُ مِنَ الله شَيْئاً } في دفعها { أُوْلَئِكَ الذين لَمْ
يُرِدِ الله أَن يُطَهِّرَ قُلُوبَهُمْ } من الكفر ولو أراده لكان { لَهُمْ فِى
الدنيا خِزْىٌ } ذل بالفضيحة والجزية { وَلَهُمْ فِى الأخرة عَذَابٌ عَظِيمٌ }
.
041. (Hai Rasul, janganlah kamu menjadi bersedih hati
oleh) disebabkan perbuatan (orang-orang yang berlomba-lomba dalam kekafiran)
hingga tanpa menunggu lama mereka akan terjatuh di dalamnya; artinya bila ada
kesempatan mereka akan menyatakan kekafiran itu (di antara) min merupakan
penjelasan (orang-orang yang mengatakan dengan mulut mereka, "Kami telah
beriman.") maksudnya dengan lidah mereka nyatakan hal tersebut (padahal hati
mereka tidak beriman) mereka ini ialah orang-orang munafik (dan juga di antara
orang-orang Yahudi) yakni suatu kaum (yang amat gemar mendengar berita-berita
bohong) yang dibuat-buat oleh pendeta-pendeta mereka lalu mereka terima dengan
baik (dan amat suka pula mendengar berita-berita) daripadamu (untuk suatu kaum)
artinya demi kepentingan kaum (yang lain) dari golongan Yahudi (yang belum
pernah datang kepadamu) yakni warga Khaibar. Terdapat di sana sepasang laki-laki
dan perempuan yang telah berumah tangga melakukan perzinaan, tetapi mereka
berkeberatan untuk menjalankan hukuman rajam kepada kedua pesakitan. Lalu mereka
mengirimkan orang-orang warga Quraizhah untuk menanyakan hukuman mereka itu
kepada Nabi Muhammad saw. (Mereka mengubah-ubah perkataan) yang tercantum dalam
Taurat seperti ayat tentang rajam (dari tempat-tempatnya) yang ditaruh Allah
padanya; artinya mereka menggantikannya dengan yang lain. (Kata mereka) yakni
kepada orang-orang yang mereka utus tadi ("Jika yang diberikan kepadamu itu
ialah ini) maksudnya hukum yang telah dirubah dan difatwakan oleh Muhammad yaitu
hukum pukulan (maka ambillah) terimalah (tetapi jika bukan itu yang diberikan
kepadamu) dan fatwa yang diberikannya bertentangan dengannya (maka
berhati-hatilah.") untuk menerimanya. (Siapa yang dikehendaki Allah
kesesatannya, maka kamu sekali-kali tidak akan dapat menguasai sesuatu yang
datang dari Allah) untuk menolaknya (mereka itu ialah orang-orang yang tidak
dikehendaki Allah menyucikan hati mereka) dari kekafiran, dan sekiranya
dikehendaki-Nya tentulah hal itu akan tercapai. (Bagi mereka di dunia ini
kehinaan) kenistaan dengan terbukanya rahasia dan pembayaran upeti (sedangkan di
akhirat siksa yang besar.)
هم { سماعون لِلْكَذِبِ أكالون
لِلسُّحْتِ } بضم الحاء وسكونها أي الحرام كالرشا { فَان جَاءُوك } لتحكم بينهم { َ
فاحكم بَيْنَهُمْ أَوْ أَعْرِضْ عَنْهُمْ } هذا التخيير منسوخ بقوله : ( وَأَنِ
احكم بَيْنَهُمْ ) الآية فيجب الحكم بينهم إذا ترافعوا إلينا وهو أصح قولي الشافعي
فلو ترافعوا إلينا مع مسلم وجب إجماعاً { وَإِن تُعْرِضْ عَنْهُمْ فَلَن يَضُرُّوكَ
شَيْئاً وَإِنْ حَكَمْتَ } بينهم { فاحكم بَيْنَهُم بالقسط } بالعدل { إِنَّ الله
يُحِبُّ المقسطين } العادلين في الحكم أي يثيبهم .
042. (Mereka orang-orang yang gemar mendengar
berita-berita bohong dan banyak memakan yang haram) dibaca suht atau suhut;
artinya barang haram seperti uang suap (maka jika mereka datang kepadamu) untuk
meminta sesuatu keputusan (maka putuskanlah di antara mereka atau berpalinglah
dari mereka) pilihan di antara alternatif ini dihapus/dinasakh dengan
firman-Nya, ".....maka putuskanlah di antara mereka." Oleh sebab itu jika mereka
mengadukan hal itu kepada kita wajiblah kita memberikan keputusannya di antara
mereka. Dan ini merupakan yang terkuat di antara kedua pendapat Syafii. Dan
sekiranya mereka mengadukan perkara itu bersama orang Islam, maka hukum
memutuskan itu wajib secara ijmak. (Jika mereka berpaling daripadamu, maka
sekali-kali tidak akan memberi mudarat kepadamu sedikit pun juga. Dan jika kamu
memutuskan) perkara di antara mereka (maka putuskanlah di antara mereka dengan
adil) tidak berat sebelah. (Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang adil)
dalam memberikan keputusan dan akan memberi mereka pahala.
{ وَكَيْفَ يُحَكِّمُونَكَ
وَعِندَهُمُ التوراة فِيهَا حُكْمُ الله } بالرجم استفهام تعجب أي لم يقصدوا بذلك
معرفة الحق بل ما هو أهون عليهم { ثُمَّ يَتَوَلَّوْنَ } يُعرضون عن حكمك بالرجم
الموافق لكتابهم { مِن بَعْدِ ذلك } التحكيم { وَمَا أُوْلَئِكَ بالمؤمنين }
.
043. (Dan betapa caranya mereka mengangkatmu menjadi
hakim mereka padahal di sisi mereka ada Taurat yang memuat hukum Allah) yaitu
dengan rajam. Pertanyaan ini menunjukkan keheranan; artinya maksud mereka yang
sebenarnya bukanlah untuk mengetahui kebenaran tetapi untuk mencari mana yang
lebih ringan (Kemudian mereka berpaling) dari hukum rajammu yang sebenarnya
sesuai dengan kitab mereka (setelah demikian itu) setelah diberi keputusan itu
(dan tidaklah mereka orang-orang yang sungguh-sungguh beriman.)
{ إِنَّا أَنزَلْنَا التوراة
فِيهَا هُدًى } من الضلالة { وَنُورٌ } بيان للأحكام { يَحْكُمُ بِهَا النبيون } من
بني إسرائيل { الذين أَسْلَمُواْ } انقادوا لله { لِلَّذِينَ هَادُواْ والربانيون }
العلماء منهم { والأحبار } الفقهاء { بِمَا } أي بسبب الذي { استحفظوا } استُودِعوه
أي استحفظهم الله إياه { مِن كتاب الله } أن يبدّلوه { وَكَانُواْ عَلَيْهِ
شُهَدَاء } أنه حق { فَلاَ تَخْشَوُاْ الناس } أيها اليهود في إظهار ما عندكم من
نعت محمد صلى الله عليه وسلم وَالرجم وغيرهما { واخشون } في كتمانه { وَلاَ
تَشْتَرُواْ } تستبدلوا { بئاياتي ثَمَنًا قَلِيلاً } من الدنيا تأخذونه على
كتمانها { وَمَن لَّمْ يَحْكُم بِمَا أَنزَلَ الله فَأُوْلَئِكَ هُمُ الكافرون } به
.
044. (Sesungguhnya Kami telah menurunkan Taurat berisi
petunjuk) dari kesesatan (dan cahaya) untuk menjelaskan hukum-hukum (yang
diambil untuk memutuskan hukum oleh nabi-nabi) dari Bani Israel (yang tunduk)
menyerahkan diri kepada Allah (bagi orang-orang Yahudi dan oleh orang-orang alim
dan para pendeta) yakni ahli-ahli hukum dari kalangan mereka (dengan apa)
disebabkan karena (mereka diminta untuk menyimpan) artinya diberi amanat untuk
menjaga oleh Allah (Kitabullah) jangan sampai diubah-ubah (dan mereka menjadi
saksi terhadapnya) bahwa ia benar adanya. (Maka janganlah kamu takut akan
manusia) hai orang-orang Yahudi dalam menyingkapkan sifat-sifat dan ciri-ciri
Muhammad saw. yang kamu ketahui, tentang ayat rajam dan sebagainya (hanya
takutlah kepada-Ku) dalam menyembunyikannya (dan janganlah kamu beli, maksudnya,
jangan kamu tukar ayat-ayat-Ku dengan harga yang sedikit) berupa harta benda
dunia yang kamu dapatkan sebagai imbalan menyembunyikannya. (Siapa yang tidak
memutuskan menurut apa yang diturunkan Allah, maka merekalah orang-orang yang
kafir) terhadap-Nya.
{ وَكَتَبْنَا } فرضنا {
عَلَيْهِمْ فِيهَا } أي التوراة { أَنَّ النفس } تقتل { بالنفس } إذا قتلتها {
والعين } تفقأ { بالعين والأنف } يُجدع { بالأنف والأذن } تقطع { بالأذن والسن }
تقلع { بالسن } وفي قراءة بالرفع في الأربعة { والجروح } بالوجهين [ والجروحَ ،
والجروحُ ] { قِصَاصٌ } أي يقتص فيها إذا أمكن كاليد والرجل والذَكَرِ ونحو ذلك وما
لا يمكن فيه الحكومة وهذا الحكم وإن كتب عليهم فهو مقرّر في شرعنا { فَمَن
تَصَدَّقَ بِهِ } أي بالقصاص بأن مكَّن من نفسه { فَهُوَ كَفَّارَةٌ لَّهُ } لما
أتاه { وَمَن لَّمْ يَحْكُم بِمَا أَنزَلَ الله } في القصاص وغيره { فَأُوْلَئِكَ
هُمُ الظالمون } .
045. (Dan telah Kami tetapkan terhadap mereka d
dalamnya) maksudnya di dalam Taurat (bahwa jiwa) dibunuh (karena jiwa) yang
dibunuhnya (mata) dicongkel (karena mata, hidung) dipancung (karena hidung,
telinga) dipotong (karena telinga, gigi) dicabut (karena gigi) menurut satu
qiraat dengan marfu'nya keempat anggota tubuh tersebut (dan luka-luka pun)
manshub atau marfu' (berlaku kisas) artinya dilaksanakan padanya hukum balas
jika mungkin; seperti tangan, kaki, kemaluan dan sebagainya. Hukuman ini
walaupun diwajibkan atas mereka tetapi ditaqrirkan atau diakui tetap berlaku
dalam syariat kita. (Siapa menyedekahkannya) maksudnya menguasai dirinya dengan
melepas hak kisas itu (maka itu menjadi penebus dosanya) atas kesalahannya (dan
siapa yang tidak memutuskan dengan apa yang diturunkan Allah) seperti kisas dan
lain-lain (merekalah orang-orang yang aniaya).
{ وَقَفَّيْنَا } أتبعنا { على
ءاثارهم } أي النبيين { بِعَيسَى ابن مَرْيَمَ مُصَدِّقاً لّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ }
قبله { مِنَ التوراة وءاتيناه الإنجيل فِيهِ هُدًى } من الضلالة { وَنُورٌ } بيان
للأحكام { وَمُصَدِّقًا } حال { لّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ التوراة } لما فيها من
الأحكام { وَهُدًى وَمَوْعِظَةً لّلْمُتَّقِينَ } .
046. (Dan Kami iringi jejak-jejak mereka) maksudnya
jejak para nabi itu (dengan Isa putra Maryam, membenarkan apa yang berada di
depannya) maksudnya yang sebelumnya (berupa Taurat dan Kami berikan kepadanya
Injil yang berisi petunjuk) dari kesesatan (dan cahaya) artinya penjelasan bagi
hukum-hukum (serta membenarkan) menjadi hal (bagi kitab Taurat yang berada
sebelumnya) membenarkan hukum-hukum Taurat (serta menjadi petunjuk dan
pengajaran bagi orang-orang yang takwa).
{ وَ } قلنا { لِيَحْكُمَ
أَهْلُ الإنجيل بِمَا أَنزَلَ الله فِيهِ } من الأحكام وفي قراءة بنصب «يحكم» وكسر
لامه عطفاً على معمول ( آتيناه ) { وَمَن لَّمْ يَحْكُم بِمَا أَنزَلَ الله
فَأُوْلَئِكَ هُمُ الفاسقون } .
047. (Dan pengikut-pengikut Injil hendaklah memutuskan
perkara dengan apa yang diturunkan Allah di dalamnya) berupa hukum-hukum dan
menurut satu qiraat walyahkum itu dibaca waliyahkum karena diathafkan pada
ma`mul aatainaahu (Dan siapa yang tidak memutuskan perkara dengan apa yang
diturunkan Allah, maka mereka itu orang-orang yang fasik.)
{ وَأَنزَلْنَا إِلَيْكَ } يا
محمد { الكتاب } القرآن { بالحق } متعلق ( بأنزلنا ) { مُصَدِّقاً لّمَا بَيْنَ
يَدَيْهِ } قبله { مِنَ الكتاب وَمُهَيْمِناً } شاهداً { عَلَيْهِ } و ( الكتاب )
بمعنى الكتب { فاحكم بَيْنَهُمْ } بين أهل الكتاب إذا ترافعوا إليك { بِمَا أنزَلَ
الله } إليك { وَلاَ تَتَّبِعْ أَهْوَاءَهُمْ } عادلاً { عَمَّا جَاءَكَ مِنَ الحق
لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنكُمْ } أيها الأمم { شِرْعَةً } شريعة { وَمِنْهَاجاً }
طريقاً واضحاً في الدين يمشون عليه { وَلَوْ شَاءَ الله لَجَعَلَكُمْ أُمَّةً واحدة
} على شريعة واحدة { ولكن } فرّقكم فرقا { لِيَبْلُوَكُمْ } ليختبركم { فِي مَا
ءاتاكم } من الشرائع المختلفة لينظر المطيع منكم والعاصي { فَاسْتَبِقُوا
الخَيْرَاتِ } سارعوا إليها { إلى الله مَرْجِعُكُمْ جَمِيعاً } بالبعث {
فَيُنَبّئُكُم بِمَا كُنتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ } نأمر الدين ويجزي كلاًّ منكم
بعمله .
048. (Dan telah Kami turunkan kepadamu) hai Muhammad
(kitab) yakni Alquran (dengan kebenaran) berkaitan dengan anzalnaa (membenarkan
apa yang terdapat di hadapannya) maksudnya yang sebelumnya (di antara kitab dan
menjadi saksi) atau batu ujian (terhadapnya) kitab di sini maksudnya ialah
kitab-kitab terdahulu. (Sebab itu putuskanlah perkara mereka) maksudnya antara
ahli kitab jika mereka mengadu kepadamu (dengan apa yang diturunkan Allah)
kepadamu (dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka) dengan menyimpang
(dari kebenaran yang telah datang kepadamu. Bagi tiap-tiap umat di antara kamu
Kami beri) hai manusia (aturan dan jalan) maksudnya jalan yang nyata dan agama
dan yang akan mereka tempuh. (Sekiranya dikehendaki Allah tentulah kamu
dijadikan-Nya satu umat) dengan hanya satu syariat (tetapi) dibagi-bagi-Nya kamu
kepada beberapa golongan (untuk mengujimu) mencoba (mengenai apa yang telah
diberikan-Nya kepadamu) berupa syariat yang bermacam-macam untuk melihat
siapakah di antara kamu yang taat dan siapa pula yang durhaka (maka
berlomba-lombalah berbuat kebaikan) berpaculah mengerjakannya. (Hanya kepada
Allahlah kembali kamu semua) dengan kebangkitan (maka diberitahukan-Nya kepadamu
apa yang kamu perbantahkan itu) yakni mengenai soal agama dan dibalas-Nya setiap
kamu menurut amal masing-masing.
{ وَأَنِ احكم بَيْنَهُمْ بِمَا
أَنزَلَ الله وَلاَ تَتَّبِعْ أَهْوَاءهُمْ واحذرهم } ل { أن } لا { يَفْتِنُوكَ }
يُضِلُوك { عَن بَعْضِ مَا أَنزَلَ الله إِلَيْكَ فَإِن تَوَلَّوْاْ } عن الحكم
المنزل وأرادوا غيره { فاعلم أَنَّمَا يُرِيدُ الله أَن يُصِيبَهُم } بالعقوبة في
الدنيا { بِبَعْضِ ذُنُوبِهِمْ } التي أتوها ومنها التولي ويجازيهم على جميعها في
الأخرى { وَإِنَّ كَثِيراً مّنَ الناس لفاسقون } .
049. (Dan hendaklah kamu putuskan perkara di antara
mereka dengan apa yang diturunkan Allah dan janganlah kamu ikuti hawa nafsu
mereka dan berhati-hatilah terhadap mereka) agar (supaya mereka) tidak
(memfitnahmu) artinya menyesatkanmu (dari sebagian yang telah diturunkan Allah
kepadamu. Jika mereka berpaling) dari hukum yang diturunkan dan bermaksud
mengubahnya (maka ketahuilah bahwasanya Allah menghendaki akan menimpakan kepada
mereka musibah) hukuman di dunia (disebabkan sebagian dosa-dosa mereka) yang
mereka perbuat di antaranya berpaling itu. Dan akan membalas semua dosa itu di
akhirat kelak. (Dan sesungguhnya banyak di antara manusia itu orang-orang yang
fasik.)
{ أَفَحُكْمَ الجاهلية
يَبْغُونَ } بالياء التاء يطلبون من المداهنة والميل إذا تولوا؟ استفهام إنكاري {
وَمنْ } أي لا أحد { أَحْسَنُ مِنَ الله حُكْماً لّقَوْمٍ } عند قوم { يُوقِنُونَ }
به خصوا بالذكر لأنهم الذين يتدبرونه .
050. (Apakah hukum jahiliah yang mereka kehendaki)
dengan memakai ya dan ta; artinya dengan berpaling itu mereka hanyalah hendak
bermanis mulut dan mengambil muka sedangkan pertanyaan di sini berarti sanggahan
(dan siapakah) artinya tak seorang pun (yang lebih baik hukumannya daripada
Allah bagi kaum) artinya di sisi orang-orang (yang yakin) kepada-Nya.
Diistimewakan menyebutkan mereka karena hanya merekalah yang bersedia
merenungkan hal ini.
{ ياأيها الذين ءَامَنُواْ لاَ
تَتَّخِذُواْ اليهود والنصارى أَوْلِيَاءَ } توالونهم وتوادّونهم { بَعْضُهُمْ
أَوْلِيَاءُ بَعْضٍ } لاتحادهم في الكفر { وَمَن يَتَوَلَّهُمْ مّنكُمْ فَإِنَّهُ
مِنْهُمْ } من جملتهم { إِنَّ الله لاَ يَهْدِى القوم الظالمين } بموالاتهم الكفار
.
051. (Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu ambil
orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin) menjadi ikutanmu dan kamu
cintai. (Sebagian mereka menjadi pemimpin bagi sebagian lainnya) karena kesatuan
mereka dalam kekafiran. (Siapa di antara kamu mengambil mereka sebagai pemimpin,
maka dia termasuk di antara mereka) artinya termasuk golongan mereka.
(Sesungguhnya Allah tidak menunjuki orang-orang yang aniaya) karena mengambil
orang-orang kafir sebagai pemimpin mereka.
{ فَتَرَى الذين فِى قُلُوبِهِم
مَّرَضٌ } ضعف اعتقاد كعبد الله بن أُبّي المنافق { يسارعون فِيهِمْ } في موالاتهم
{ يَقُولُونَ } معتذرين عنها { نخشى أَن تُصِيبَنَا دَائِرَةٌ } يدور بها الدهر
علينا من جدب أو غلبة ولا يتم أمر محمد فلا يميرونا ، قال تعالى { فَعَسَى الله أَن
يَأْتِىَ بالفتح } بالنصر لنبيه بإظهار دينه { أَوْ أَمْرٍ مّنْ عِندِهِ } بهتك ستر
المنافقين وافتضاحهم { فَيُصْبِحُواْ على مَا أَسَرُّواْ فِى أَنفُسِهِمْ } من الشك
وموالاة الكفار { نادمين } .
052. (Maka kamu lihat orang-orang yang di dalam hati
mereka ada penyakit) yakni lemah akidahnya seperti Abdullah bin Ubai gembong
munafik itu (bersegera kepada mereka) untuk mengambil mereka sebagai pemimpin
(seraya katanya) mengemukakan alasan dari sikap mereka itu ("Kami takut akan
mendapat giliran bencana.") misalnya giliran musim kemarau, kekalahan sedangkan
urusan Muhammad tidak berketentuan sehingga tidak dapat membela kami. Berfirman
Allah swt.: (Semoga Allah mendatangkan kemenangan) kepada rasul-Nya dengan
mengembangkan agama-Nya (atau sesuatu keputusan dari sisi-Nya) misalnya dengan
membuka kedok orang-orang munafik dan menyingkapkan rahasia mereka (sehingga
mereka atas apa yang mereka rahasiakan dalam diri mereka) berupa keragu-raguan
dan mengambil orang-orang kafir itu sebagai pemimpin (menjadi
menyesal.)
{ وَيَقُولُ } بالرفع استئنافاً
بواو ودونها وبالنصب عطفاً على «يأتي» { الذين كَفَرُواْ } لبعضهم -إذا هتك سترهم-
تعجباً { أهؤلاء الذين أَقْسَمُواْ بالله جَهْدَ أيمانهم } غاية اجتهادهم فيها {
إِنَّهُمْ لَمَعَكُمْ } في الدين؟ قال تعالى : { حَبِطَتْ } بطلت { أعمالهم }
الصالحة { فَأَصْبَحُواْ } صاروا { خاسرين } الدنيا بالفضيحة والآخرة بالعقاب
.
053. (Dan berkatalah) dibaca yaquulu marfu` sebagai awal
kata dengan memakai wawu atau tidak. Ada pula yang membaca yaquula manshub
karena diathafkan kepada ya`tiya (orang-orang yang beriman) kepada kawan-kawan
mereka keheranan; yakni jika topeng kedustaan mereka telah disingkapkan ("Inikah
orang-orang yang telah bersumpah dengan nama Allah secara bersungguh-sungguh)
artinya sebenar-benarnya bersumpah (bahwa sesungguhnya mereka beserta kamu.")
dalam soal keagamaan. Firman Allah swt.: ("Gugurlah) rusaklah/binasalah (amal
perbuatan mereka yang baik) (maka jadilah mereka orang-orang yang merugi.") baik
di dunia dengan terbukanya rahasia mereka maupun di akhirat dengan datangnya
azab dan siksa.
{ ياأيها الذين ءَامَنُوا من
يَرْتَدَّ } بالفك والإِدغام [ يرتدَّ ] يرجع { مِنكُمْ عَن دِينِهِ } إلى الكفر
إخبار بما علم الله تعالى وقوعه وقد ارتدّ جماعة بعد موت النبي صلى الله عليه وسلم
{ فَسَوْفَ يَأْتِى الله } بدلهم { بِقَوْمٍ يُحِبُّهُمْ وَيُحِبُّونَهُ } قال صلى
الله عليه وسلم « هم قوم هذا » وأشار إلى أبي موسى الأشعري رواه الحاكم في صحيحه {
أَذِلَّةٍ } عاطفين { عَلَى المؤمنين أَعِزَّةٍ } أشدّاء { عَلَى الكافرين يجاهدون
فِى سَبِيلِ الله وَلاَ يَخَافُونَ لَوْمَةَ لائِمٍ } فيه كما يخاف المنافقون لوم
الكفار { ذلك } المذكور من الأوصاف { فَضْلُ الله يُؤْتِيهِ مَن يَشَاءُ والله واسع
} كثير الفضل { عَلِيمٌ } بمن هو أهله . ونزل لما قال ابن سلام يا رسول الله إن
قومنا هجرونا
054. (Hai orang-orang yang beriman! Siapa yang murtad)
yartadda pakai idgam atau tidak; artinya murtad atau berbalik (di antara kamu
dari agamanya) artinya berbalik kafir; ini merupakan pemberitahuan dari Allah
swt. tentang berita gaib yang akan terjadi yang telah terlebih dahulu
diketahui-Nya. Buktinya setelah Nabi Muhammad saw. wafat segolongan umat keluar
dari agama Islam (maka Allah akan mendatangkan) sebagai ganti mereka (suatu kaum
yang dicintai oleh Allah dan mereka pun mencintai-Nya) sabda Nabi saw., "Mereka
itu ialah kaum orang ini," sambil menunjuk kepada Abu Musa Al-Asyari; riwayat
Hakim dalam sahihnya (bersikap lemah lembut terhadap orang-orang mukmin dan
bersikap keras) atau tegas (terhadap orang-orang kafir. Mereka berjihad di jalan
Allah dan tidak takut akan celaan orang yang suka mencela) dalam hal itu
sebagaimana takutnya orang-orang munafik akan celaan orang-orang kafir.
(Demikian itu) yakni sifat-sifat yang disebutkan tadi (adalah karunia Allah yang
diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya dan Allah Maha Luas) karunia-Nya
(lagi Maha Mengetahui) akan yang patut menerimanya. Ayat ini turun ketika Ibnu
Salam mengadu kepada Rasulullah, "Wahai Rasulullah! Kaum kami telah mengucilkan
kami!"
{ إِنَّمَا وَلِيُّكُمُ الله
وَرَسُولُهُ والذين ءامَنُواْ الذين يُقِيمُونَ الصلاة وَيُؤْتُونَ الزكواة وَهُمْ
رَاكِعُونَ } خاشعون أو يصلون صلاة التطوّع .
055. (Sesungguhnya yang menjadi penolongmu ialah Allah
dan rasul-Nya serta orang-orang yang beriman yang mendirikan salat dan
menunaikan zakat serta mereka rukuk) maksudnya khusyuk atau melakukan salat
sunah.
{ وَمَن يَتَوَلَّ الله
وَرَسُولَهُ والذين ءَامَنُواْ } فيعينهم وينصرهم { فَإِنَّ حِزْبَ الله هُمُ
الغالبون } لنصره إياهم أوقعه موقع «فإنهم» بياناً لأنهم من حزبه أي أتباعه
.
056. (Siapa yang mengambil Allah dan rasul-Nya serta
orang-orang yang beriman sebagai penolongnya) lalu mereka dibela dan ditolongnya
pula (maka sesungguhnya golongan agama Allah itulah yang akan menang) yang
terjamin dengan pertolongan Allah swt. sedangkan pembelaan seseorang kepada
agama Allah itu menjadi bukti bahwa ia dari golongan dan pengikut agama
itu.
{ ياأيها الذين ءَامَنُواْ لاَ
تَتَّخِذُواْ الذين اتخذوا دِينَكُمْ هُزُواً } مهزوءاً به { وَلَعِباً مّنَ }
للبيان { الذين أُوتُواْ الكتاب مِن قَبْلِكُمْ والكفار } المشركين بالجرّ والنصب {
أَوْلِيَاءَ واتقوا الله } بترك موالاتهم { إِن كُنتُم مُّؤْمِنِينَ } صادقين في
إيمانكم .
057. (Hai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu ambil
orang-orang yang menjadikan agamamu sebagai olok-olok) ejekan (dan barang
permainan di antara) min untuk penjelasan (orang-orang yang diberi Alkitab
sebelumnya dan orang-orang kafir) atau orang-orang musyrik; dengan jar dan
nashab (sebagai pemimpin dan bertakwalah kepada Allah) dengan tidak mengambil
mereka sebagai pemimpin (jika kamu beriman) artinya sungguh-sungguh dalam
keimanan kamu itu.
{ وَ } الذين { إِذَا ناديتم }
دعوتم { إِلَى الصلاة } بالأذان { اتخذوها } أي الصلاة { هُزُواً وَلَعِباً } بأن
يستهزئوا بها ويتضاحكوا { ذلك } الاتخاذ { بِأَنَّهُمْ } أي بسبب أنهم { قَوْمٌ
لاَّ يَعْقِلُونَ } . ونزل لما قال اليهود للنبي صلى الله عليه وسلم : بمن تؤمن من
الرسل؟ فقال : { بالله وما أنزل إلينا } الآية فلما ذكر عيسى قالوا : لا نعلم دينا
شرًّا من دينكم
058. (Dan) orang-orang yang (apabila kamu menyeru) atau
memanggil mereka (untuk salat) yaitu dengan azan (mereka menjadikannya) salat
itu (sebagai bahan olok-olok dan permainan) yakni dengan mempermainkan dan
menertawakannya. (Demikian itu) maksudnya sikap mereka itu (adalah karena
mereka) disebabkan oleh karena mereka (kaum yang tak mau berpikir). Ayat berikut
ini diturunkan ketika orang-orang Yahudi menanyakan kepada Nabi saw., "Kepada
rasul-rasul yang manakah kamu beriman?" Jawabnya, "Kepada Allah dan kepada
apa-apa yang diturunkan kepada kami... sampai akhir ayat." Ketika Nabi saw.
menyebut nama Isa, mereka berkata, "Sepengetahuan kami tak ada agama yang lebih
buruk dari agamamu!"
{ قُلْ ياأهل الكتاب هَلْ
تَنقِمُونَ } تنكرون { مِنَّا إِلاَّ أَنْ ءامَنَّا بالله وَمَا أُنزِلَ إِلَيْنَا
وَمَا أُنزِلَ مِن قَبْلُ } إلى الأنبياء { وَأَنَّ أَكْثَرَكُمْ فاسقون } عطف على
( أن آمنا ) المعنى ما تنكرون إلا إيماننا ومخالفتكم في عدم قبوله المعبر عنه
بالفسق اللازم عنه وليس هذا مما ينكر .
059. (Katakanlah, "Hai ahli kitab! Apakah kamu
menyalahkan) menolak (kami hanya karena kami beriman kepada Allah, kepada apa
yang diturunkan kepada kami dan apa yang diturunkan sebelumnya) yakni kepada
nabi-nabi yang terdahulu (dan bahwa kebanyakan di antara kamu orang-orang yang
fasik?") diathafkan kepada an aamannaa sedangkan maksudnya ialah: tak ada yang
kamu salahkan kecuali hanyalah keimanan kami yang rupanya tidak kamu setujui.
Sikap tersebut membuat kalian pantas disebut orang-orang yang fasik. Padahal hal
ini merupakan hal yang sudah tidak boleh diingkari.
{ قُلْ هَلْ أُنَبّئُكُمْ }
أخبركم { بِشَرٍّ مّن } أهل { ذلك } الذي تنقمونه { مَثُوبَةً } ثواباً بمعنى جزاء
{ عَندَ الله } هو { مَن لَّعَنَهُ الله } أبعده من رحمته { وَغَضِبَ عَلَيْهِ
وَجَعَلَ مِنْهُمُ القردة والخنازير } بالمسخ { وَ } من { عَبْدَ الطاغوت } الشيطان
بطاعته ، وراعى في «منهم» معنى «مَنْ» وفيما قبله لفظها وهم اليهود ، وفي قراءة بضم
باء ( عبد ) وإضافته إلى ما بعده اسم جمع ل ( عبْد ) ونصبه بالعطف على ( القردة ) {
أُوْلَئِكَ شَرٌّ مَّكَاناً } تمييز ، لأن مأواهم النار { وَأَضَلُّ عَن سَوَاءِ
السبيل } طريق الحق وأصل ( السواء ) الوسط وذكر «شر» و«أضل» في مقابلة قولهم : لا
نعلم دينا شرا من دينكم .
060. (Katakanlah, "Apakah akan kukabarkan kepadamu)
kuberitakan (orang-orang yang lebih buruk) lagi daripada warga (demikian) yang
kamu salahkan itu (mengenai pembalasannya) asal artinya ialah pahalanya (di sisi
Allah) yaitu (orang yang dikutuk oleh Allah) artinya dijauhkan dari rahmat-Nya
(dan dimurkai-Nya serta di antara mereka ada yang dijadikan-Nya kera dan babi)
dengan merubah bentuknya (dan) orang (yang menyembah tagut) yakni setan dengan
jalan menaatinya. Pada minhum ditekankan arti man pada lafal sebelumnya yang
dimaksud ialah orang-orang Yahudi. Menurut satu qiraat dibaca `abuda dengan
diidhafatkan kepada yang sesudahnya sebagai isim jamak dari `abd dan dinashabkan
karena ma`thuf kepada qiradah. (Mereka itu lebih buruk tempatnya) karena mereka
menempati neraka berfungsi sebagai tamyiz (dan lebih tersesat lagi dari jalan
yang lurus) dari jalan yang benar. Sawaa` arti asalnya ialah pertengahan.
Disebutkan buruk dan lebih tersesat untuk mengimbangi ucapan mereka,
'Sepengetahuan kami tak ada agama yang lebih buruk dari agamamu.'"