–·•Ο•·–
أبْنِيَةُ المَصَادِرِ
BENTUK-BENTUK WAZAN
MASHDAR
فَعْلٌ قِيَاسُ مَصْدَرِ المُعَدَّى ¤ مِنْ ذي ثَلاثَةٍ كَرَدَّ رَدَّا
Wazan
FA’LUN adalah qias mashdar dari Fi’il Muta’addi tiga huruf, seperti “RODDA”
bentuk mashdarnya adalah
“RODDAN”
وَفَعِلَ اللازِمُ بَابُهُ فَعَلْ ¤ كَفَرَحٍ وَكَجَوىً وَكَشَلَلْ
Wazan fi’il
FA’ILA (kasrah ‘ain fi’ilnya) yang Lazim, bab mashdarnya berwazan FA’ALUN,
seperti “FAROHUN”, “JAWAN”, dan
“SYALALUN”.
وَفَعَلَ اللازمُ مِثْلَ قَعَدَا ¤ لَهُ فُعُولٌ بِاطِّرادٍ كَغَدَا
Wazan fi’il
FA’ALA (fathah ain fi’ilnya) yang Lazim semisal QO’ADA, mashdarnya berwazan
FU’UULUN secara permanen, seperti “GHODAA” (mashdarnya adalah
“GHUDUWWUN”.
مَا لَمْ يَكُنْ مُسْتَوْجِباً فِعَالا ¤ أوْ فَعَلَاناً فَادْرِ أوْ فُعَالا
(demikian
itu permanen berwazan Fu’uulun) selama tidak mewajibkan terhadap wazan FI’AALUN,
FA’ALAANUN atau FU’AALUN, maka dari itu
ketahuilah!.
فَأوَّلٌ لِذِيْ امْتِنَاعٍ كَأبَى ¤ وَالثَّانِ لِلَّذِيْ اقْتَضَى تَقَلُّبَا
Wazan yang
pertama (FI’AALUN) bagi mashdar yang menunjukkan makna menolak, Seperti contoh:
“ABAA” (mashdarnya IBAA’UN). Dan wazan yang kedua (FA’ALAANUN) untuk mashdar
yang menunjukkan makna Taqollub/gerakan berubah-rubah/berguncang (seperti
contoh:
THOWAFAANAN).
لِلدَّا فُعَالٌ أوْ لِصَوْتٍ وَشَمَلْ ¤ سَيْراً وَصَوْتاً الْفَعِيلُ كَصَهَلْ
Wazan
FU’AALUN untuk mashdar yg menunjukkan makna penyakit dan makna suara. Dan Wazan
FA’IILUN untuk mashdar yang mencakup makna perjalanan juga makna suara, seperti
contoh: SHOHIILUN =
meringkik
فُعُولَةٌ فَعَالَةٌ لِفَعُلَا ¤ كَسَهُلَ الأَمْرُ وَزَيْدٌ جَزُلا
Wazan
mashdar FU’UULATUN dan FA’AALATUN untuk Fi’il Tsulatsi wazan FA’ULA (dhommah
‘ain fi’ilnya) contoh: SAHULAL-AMRU dan ZAIDUN JAZULA (mashdarnya adalah:
SUHUULATUN dan
JAZAALATUN.
وَمَا أتَى مُخَالِفاً لِمَا مَضَى ¤ فَبَابُهُ النَّقْلُ كَسُخْطٍ وَرِضَا
Suatu
mashdar yang datang dengan wazan berbeda dari apa yang telah disebut diatas,
maka bab mashdarnya adalah Nuqil/Sama’i. seperti contoh: SHUKHTUN dan
RIDHAN.
–·•Ο•·– |
Mashdar dari fi’il tiga huruf sangat banyak macamnya. tidak dapat dipastikan kecuali sama’i atau merujuk pada mu’jam bahasa arab atau kamus. Adapun penjelasan dari Ulama Nahwu mengenai wazan mashdar tsulatsi ini, mengacu pada kaidah kebiasaan yang umum dipergunakan, kaidah ini dapat dipergunakan pada lafazh-lafazh masdar yang belum dipergunakan atau belum didengar (sama’i) dari kalam arab. sekalipun orang dapat mempergunakan kaidah dari Ulama Nahwu ini, namun tidak menafikan untuk melihat dulu dalam kitab mu’jam atau kamus sebelum menetapkan kebenaran bentuk mashdar tsulatsi tersebut.
Bentuk Fi’il dari Tsulatsi sudah pasti jika huruf yang pertama berharkat Fathah, adapun huruf yang kedua terkadang berharkat Fathah, atau Dhommah, atau Kasrah. dengan demikian wazan Fi’il Tsulatsi tersebut ada tiga (FA’ALA, FA’ILA, FA’ULA), sedangkan wazan Mashdarnya sebagai berikut:
1. Fi’il wazan FA’ALA (Fathah ‘Ain Fi’il) :
A. MUTA’ADDI
Mashdarnya berwazan FA’LUN
:
أكل أكلاً, فتح فتحاً, أخذ أخذاً
AKALA –
AKLAN = Makan
FATAHA – FATHAN = Membuka
AKHODZA – AKHDZAN = Mengambil
B. LAZIMFATAHA – FATHAN = Membuka
AKHODZA – AKHDZAN = Mengambil
Mashdarnya berwazan FU’UULUN, apabila
Fi’il Shohih :
قعد قعوداً, جلس جلوساً, سجد سجوداً
QO’ADA –
QU’UUDAN = Duduk
JALASA – JULUUSAN = Duduk
SAJADA – SUJUUDAN = Sujud
JALASA – JULUUSAN = Duduk
SAJADA – SUJUUDAN = Sujud
Mashdarnya berwazan FA’LUN atau
FI’AALUN, apabila Fi’il Mu’tal ‘Ain :
نام نوماً, صام صوماً
NAAMA –
NAUMAN = Tidur
SHOOMA – SHOUMAN = Puasa
SHOOMA – SHOUMAN = Puasa
قام قياماً, صام صياماً
QOOMA –
QIYAAMAN = Berdiri
SHOOMA – SHIYAAMAN = Puasa
SHOOMA – SHIYAAMAN = Puasa
Mashdarnya berwazan FI’AALUN, apabila
menunjukkan arti menolak :
أبى إباءً, نفر نفاراً، وشرد شراداً
ABAA –
IBAA’AN = Menolak
NAFARO – NIFAARON = Kabur/Melarikan diri
SYARODA – SYIROODAN = Kabur/Melarikan diri
NAFARO – NIFAARON = Kabur/Melarikan diri
SYARODA – SYIROODAN = Kabur/Melarikan diri
Mashdarnya berwazan FI’AALUN, apabila
menunjukkan arti Taqollub/gerakan berubah-rubah atau berguncang
:
طاف طوفاناً. وخفق خفقاناً. غلى غلياناً
THOOFA –
THOWAFAANAN = Towaf/berkeliling
KHOFAQO – KHOFAQOONAN = Menggelepar/berdebar
GHOLAA – GHOLAYAANAN = Menggelegak/mendidih/bergolak
KHOFAQO – KHOFAQOONAN = Menggelepar/berdebar
GHOLAA – GHOLAYAANAN = Menggelegak/mendidih/bergolak
Mashdarnya berwazan FU’AALUN, apabila
menunjukkan arti sakit/penyakit :
سَعَل سُعالاً. رَعَفَ رُعافاً
SA’ALA –
SU’AALAN = Batuk
RO’AFA – RUFAA’AN = Mimisan
RO’AFA – RUFAA’AN = Mimisan
Mashdarnya berwazan FU’AALUN atau
FA’IILUN apabila menunjukkan arti suara :
صرخ صراخاً. بكى بكاءً. نعب نعيباً ونُعاباً
SHOROHA –
SHUROOHAN = Berteriak
BAKAA – BUKAA’AN = Menangis
NA’ABA – NA’IIBAN/NU’AABAN = Menggaok (Burung gagak)
BAKAA – BUKAA’AN = Menangis
NA’ABA – NA’IIBAN/NU’AABAN = Menggaok (Burung gagak)
Mashdarnya berwazan FA’IILUN apabila
menunjukkan arti perjalanan :
رحل رحيلاً. ذَمل ذميلاً
ROHALA –
ROHIILAN = Berangkat/pindah
DHAMALA – DZAMIILAN = Berjalan pelan-pelan.
2. Fi’il wazan FA’ILA (Kasroh ‘Ain Fi’il) :DHAMALA – DZAMIILAN = Berjalan pelan-pelan.
A. MUTA’ADDI
Mashdarnya berwazan FA’LUN
:
فهم فهماً. حمد حمداً
FAHIMA –
FAHMAN = Memahami
HAMIDA – HAMDAN = Memuji
Mashdarnya berwazan FI’AALATUN jika menunjukkan pembuatan :
HAMIDA – HAMDAN = Memuji
Mashdarnya berwazan FI’AALATUN jika menunjukkan pembuatan :
صاغ صياغة, خاط خياطة
SHOOGHO –
SHIYAAGHOTAN = membentuk
KHOOTHO – KHIYAATHOTAN = menjahit
B. LAZIMKHOOTHO – KHIYAATHOTAN = menjahit
Mashdarnya berwazan FA’ALUN
:
فرح فرحاً, أشر أشراً, جَوِيَ جوىً
FARIHA –
FAROHAN = gembira
ASYIRO – ASYARON = pongah/sombong
JAWIYA – JAWAN = berduka
ASYIRO – ASYARON = pongah/sombong
JAWIYA – JAWAN = berduka
Mashdarnya berwazan FU’LATUN jika
menunjukkan arti warna :
سَمِر سُمْرة, خَضِر خُضْرة, شَهِب شُهْبَة
SAMIRO –
SUMROTUN = coklat
KHODIRO – KHUDHROTUN = hijau
SYAHIBA – SHUBHATUN = kelabu
3. Fi’il wazan FA’ULA (Dhommah ‘Ain Fi’il) :KHODIRO – KHUDHROTUN = hijau
SYAHIBA – SHUBHATUN = kelabu
HANYA FI’IL LAZIM
Mashdarnya berwazan FU’UULATUN atau
FA’AALATUN :
صَعُب صعوبة. سهل سهولة
SHO’UBA –
SHU’UUBATAN = Sukar
SAHULA – SUHUULATAN = Mudah
SAHULA – SUHUULATAN = Mudah
فَصُح فَصاحة. وبَلُغَ بلاغة
FASHUHA –
FASHOOHATAN = Fasih
BALUGHO – BALAAGHOTAN = Sampai
Wazan-wazan Mashdar Tsulatsi yang berbeda dengan qias wazan yang telah
disebut diatas, maka dikembalikan secara Sama’i tanpa qias.BALUGHO – BALAAGHOTAN = Sampai
contoh:
سَخِط سُخْطاً
SAKHITHO
– SHUKHTHON = marah
menurut qias adalah SHAKHOTHON = marah
menurut qias adalah SHAKHOTHON = marah
جحد جحوداً
JAHADA – JUHUUDAN = ingkar
menurut qias adalah JAHDAN
menurut qias adalah JAHDAN