–·•Ο•·–
نُونَا التَّوْكيدِBAB DUA NUN TAUKIDلـلــفــعــلِ تــوكـــيـــدٌ بــنُــونَــيْــنِ هُــــمَــــا ¤ كَـــنُـــونَـــي اذْهَــــبَـــــنَّ واقْــصِــدَنْــهُــمَــا
Husus
masuk pada kalimah Fi’il, dua Nun Taukid (tsaqilah/khafifah) seperti
kedua Nun pada contoh “IDZHABANNA” WA “WAQSHIDAN” HUMAA (berangkatlah
dan berkehendaklah sungguh-sungguh pada keduanya).
يُـــؤَكِّــــدَانِ افْــــعَــــلْ ويَــفْـــعَـــلْ آتِــــيًــــا ¤ ذا طَـــلَـــبٍ أوْ شَـــرْطًـــا امَّـــــــا تَــالِــيَـــا
Dua
Nun taukid tsb menaukidi IF’AL (Fi’il Amar, secara Mutlak), juga
YAF’ALU (Fi’il Mudhari’) yg datang dengan faidah Tholab (fi’il nahi/lam
amar/istifham dll), atau datang sebagai fi’il syarat setelah huruf
syarat IMMAA (IN syarthiyah + MAA zaidah taukid).
أوْ مُـثْـبَــتًــا فـــــــي قَـــسَــــمٍ مُـسْـتَـقْــبَــلَا ¤ وقَــــــلَّ بـــعـــدَ مــــــا ولــــــمْ وبـــعــــدَ لا
Atau
datang sebagai kalam mutsbat (kalimat positif) pada jawab qosam yg
mustaqbal. Dan jarang (penggunaan Nun taukid ini pada fi’il mudhari’) yg
jatuh setelah MAA (zaidah taukid), LAM atau LAA (nafi),
وغــيــرِ إمَّـــــا مِـــــنْ طَــوالِـــبِ الْــجَـــزَا ¤ وآخِــــــرَ الــمــؤكَّـــدِ افْـــتَــــحْ كَـــابْــــرُزَا
juga
jarang (penggunaan Nun taukid ini pada fi’il mudhari’) setelah adawat
syarat tholabul-jaza’ selain IMMAA. Fat-hahkan! (mabnikan fathah) pada
akhir Fi’il yg ditaukidi, ceperti contoh IBRUZAN! (sungguh tanpakkan
dirimu!).
–·•Ο•·– |
Nun Taukid yg berfungsi menaukidi kalimah Fi’il itu ada dua bentuk :
1. Nun Taukid Tsaqilah (berat karena bertasydid) mabni Fathah.
2. Nun Taukid Khafifah (ringan karena sukun) mabni Sukun.
2. Nun Taukid Khafifah (ringan karena sukun) mabni Sukun.
Kedua Nun Taukid tersebut boleh digunakan
untuk menaukidi Fi’il Amar dengan tanpa syarat, tidak boleh dugunakan
untuk menaukidi Fi’il Madhi. Sedangkan untuk Fi’il Mudhari’ harus
ditafsil dengan beberapa persyaratan.
Penaukidan dengan Nun Taukid menimbulkan dua konsekuensi: Secara Makna dan Secara Lafazh.
1. Secara Makna :
Menghususkan Fi’il Mudhari’ pada zaman Mustaqbal (akan datang), dan
menguatkan mustaqbal untuk Fi’il Amar. sedangkan makna Faidah Taukid,
bahwa Nun Taukid Tsaqilah lebih kuat penaukidannya dari pada Nun Taukid
Khafifah, sesuai kaidah : “penambahan bentuk umumnya menunjukkan
penambahan pada makna”.
2. Secara Lafazh :
Menjadikan Fi’il Amar dan Fi’il Mudhari’ mabni Fathah, dengan ketentuan
bersambung langsung tanpa ada pemisah sebagaimana telah dijelaskan pada
bab Mu’rob dan Mabni.
Contoh pada Fi’il Mudhari’ :
لأنصرَنَّ المظلوم
LA ANSHURONNA AL-MAZHLUUMA = sungguh akan kubantu orang yg tertindas.
I’rob: LA = Lam jawab qosam muqaddar,
ANSHURONNA = Fiil Mudhari’ mabni Fat-hah dan Nun Taukid, Faa’ilnya
dhamir mustatir takdirnya ANA.
لا ترغبن فيمن زهد عنك
LAA TARGHABANNA FIY MAN ZAHIDA ‘ANKA = sungguh jangan pedulikan orang yg tidak memperhatikanmu..!
I’rob : LAA = Nahi, TARGHABANNA = Fi’il Mudhari’ Mabni Fathah mahal Jazem.
Contoh pada Fi’il Amar :
اشكرَنَّ من أحسن إليك
USYKURONNA MAN AHSANA ILAIKA = sungguh bersyukurlah terhadap orang yg berbuat baik kepadamu.
I’rob : USYKURONNA = Fi’il Amar mabni Fathah bersambung dg Nun Taukid, Fa’ilnya dhamir mustatri wujuuban takdirnya ANTA.
Hukum penaukidan Nun Taukid pada Fiil
Mudhari’ disini terkadang wajib, mamnu’/dilarang, dan jaiz (baik yg
sering dipakai atau yg jarang) :
1. Wajib Taukid, jika menjadi jawab qosam serta mencukupi tiga syarat :
a. harus bersambung dengan Lam Qosam
b. harus Mustaqbal
c. harus Mutsbat
b. harus Mustaqbal
c. harus Mutsbat
contoh:
والله لأبذلنَّ النصيحة
WALLAAHI LA ABDZALANNA AN-NASHIIHATA = demi Allah sungguh aku akan mencurahkan nasehat.
contoh Firman Allah :
وَتَاللَّهِ لَأَكِيدَنَّ أَصْنَامَكُمْ
WA
TALLAAHI LA AKIIDANNA ASHNAAMAKUM = Demi Allah, sesungguhnya aku akan
melakukan tipu daya terhadap berhala-berhalamu (QS. Al-Anbiyaa’ : 57)
2. Mamnu’/dicegah Taukid, ada pada dua tempat :
a. Menjadi jawab qosam tapi tidak mencukupi tiga syarat diatas, demikian apabila ada pemisah antara Lam Qosam dengan Fiil Mudhari‘, contoh:
والله لسوف أبذل النصيحة
WALLAAHI LA SAUFA ABDZALUN-NASHIIHATA = demi Allah, aku akan mencurahkan nasehat.
Contoh Firman Allah :
وَلَسَوْفَ يُعْطِيكَ رَبُّكَ فَتَرْضَى
WA
LA SAUFA YU’THIIKA ROBBUKA FA TARDHOO = Dan kelak Tuhanmu pasti
memberikan karunia-Nya kepadamu , lalu (hati) kamu menjadi puas. (QS.
Adh-Dhuhaa : 5)
atau Fi’ilnya digunakan untuk zaman Haal bukan Istiqbal, contoh :
وربي لأقومُ بواجبي الآن
WA ROBBIY LA AQUUMU BI WAAJIBIY AL-AANA = demi Tuhanku, aku lagi melaksanakan kewajibanku sekarang.
atau Fi’ilnya digunakan Manfi bukan Mutsbat, contoh:
وربِّ الكعبة لا أنصرك إن اعتديت
WA ROBBIL-HA’BATI LAA ANSHURUKA IN I’TADAITA = demi Tuhannya ka’bah, aku tidak akan menolongmu jika kamu melanggar.
contoh Firman Allah :
قَالُوا تَاللَّهِ تَفْتَؤُاْ تَذْكُرُ يُوسُفَ
QOOLUU TALLAAHI TAFTA’U TADZKURU YUUSUFA = Mereka berkata: “Demi Allah, senantiasa kamu mengingati Yusuf (QS. Yusuf : 85)
lafazh TAFTA’U pada ayat ini takdirannya LAA TAFTA’U, dengan membuang huruf nafi.
b. Apabila tidak diawali dengan sesuatu yg menyebabkan penaukidannnya berhukum Jaiz, contoh :
كثرة العتاب تورث ُ البغضاء
KATSROTUL-‘ITAABI TUUROTSUL-BAGHDHAA’I = sering mencela mewariskan kebencian.
3. Jaiz Taukid dan sering,
demikian apabila diawali dengan IMMAA (IN syarthiyah yg diidghamkan
pada MAA zaidah untuk taukid), atau diawali dengan adat Tolab yg
berfaidah amar, nahi atau istifham dsb.
Contoh Fi’il Mudhari’ yg diawali dengan IMMAA :
إما تفعَلَنَّ الخير تنل جزاءه
IMMAA
TAF’ALANNA AL-KHAIRA TUNAL JAZAA’AHUU = jika kamu benar-benar akan
mengerjakan kabaikan, maka kamu akan diberi balasan kebaikan itu.
lafazh IMMAA TAF’ALANNA = asalnya IN TAF’AL, kemudian ditambah MAA pada IN dan diidghamkan.
contoh Ayat dalam Al-Qur’an :
وَإِمَّا تَخَافَنَّ مِنْ قَوْمٍ خِيَانَةً فَانْبِذْ إِلَيْهِمْ عَلَى سَوَاءٍ
WA
IMMAA TAKHOOFANNA MIN QOUMIN KHIYAANATAN FANBIDZ ILAIHIM ‘ALAA SAWAA’IN
= Dan jika kamu khawatir akan (terjadinya) pengkhianatan dari suatu
golongan, maka kembalikanlah perjanjian itu kepada mereka dengan cara
yang jujur (QS. Al-Anfaal : 58)
I’rob :
WAWU Isti’nafiyah. IMMAA = IN huruf syarat amil jazem, MAA zaidah taukid. TAKHOOFANNA Fi’il Mudhari’ mabni fathah dalam mahal jazem menjadi Fi’il Syarat, NUN untuk Taukid, Faa’ilnya dhamir mustatir wajuban takdirannya ANTA. Kemudian jumlah FANBIDZ ILAIHIM sebagai jawab syarat dalam mahal jazem.
WAWU Isti’nafiyah. IMMAA = IN huruf syarat amil jazem, MAA zaidah taukid. TAKHOOFANNA Fi’il Mudhari’ mabni fathah dalam mahal jazem menjadi Fi’il Syarat, NUN untuk Taukid, Faa’ilnya dhamir mustatir wajuban takdirannya ANTA. Kemudian jumlah FANBIDZ ILAIHIM sebagai jawab syarat dalam mahal jazem.
Contoh Fi’il Mudhari’ diawali dengan adawat yg berfungi Amar :
لِتَرحَمَنَّ المسكين
LI TARHAMANNA AL-MISKIINA = sungguh kasihanilah orang miskin
boleh diucapkan LI TARHIM..! karena memang taukidnya berhukum jawaz.
boleh diucapkan LI TARHIM..! karena memang taukidnya berhukum jawaz.
Contoh diawali dengan adawat Nahi :
لا تؤخرَنَّ فعل الخير إلى غد
LAA
TU’AKHKHIRONNA FI’LAL-KHAIRI ILAA GHADIN = sungguh janganlah kamu
mengakhirkan perbuatan baik untuk besok. Dan boleh diucapkan LAA
TU’AKHKHIR..!
Contoh pada Firman Allah :
وَلَا تَحْسَبَنَّ اللَّهَ غَافِلًا عَمَّا يَعْمَلُ الظَّالِمُونَ
WA
LAA TAHSABANNALLAAHA GHAAFILAN ‘AMMAA YA’MALUZH-ZHAALIMUUNA = Dan
janganlah sekali-kali kamu (Muhammad) mengira, bahwa Allah lalai dari
apa yang diperbuat oleh orang-orang yang zalim. (QS. Ibrohim : 42)
I’rob : LAA nahi, TAHSABANNA fi’il mudhari’ mabni fathah dalam mahal jazm, Faa’ilnya dhamir mustatir.
Contoh yang diawali dengan adawat Istifham :
هل تصلنَّ رحمك
HAL TASHILANNA ROHIMAKA? = apakah kamu akan mengunjungi familimu? (silaturrahmi). Atau boleh dilafalkan HAL TASHIL..?.
4. Jaiz Taukid namun jarang adanya,
demikian apabila Fi’il Mudhari’ jatuh sesudah MAA zaidah yg tidak
diidghamkan pada IN syarthiyyah, sebagaimana orang arab mengatakan :
بعينٍ ما أرَيَنَّك
BI ‘AININ MAA AROYANNAKA = sungguh dengan mata seakan aku melihatmu.
I’rob : MAA zaidah taukid, AROYANNA fi’il mudhari’ mabni fathah, NUN taukid, KAF maf’ul bih.
Demikian juga Fi’il Mudhari’ yg jatuh sesudah LAM, contoh :
من مرت به مواسم الطاعة ولم يستغلَنَّها فهو محروم
MAN
MARRAT BIHII MAWAASIMUT-THAA’ATI WA LAM YASTAGHILANNAHAA FAHUWA
MAHRUUMUN = barang siapa dilewati masa-masa ta’at dan dia tidak
mempersibuk diri dengan ta’at maka termasuk orang yg benasib buruk.
atau jatuh sesudah LAA NAHI contoh :
بادر بالعمل زمن الشباب لا يفوتنَّك
BAADIR
BIL-‘AMALI ZAMANASY-SYABAABI LAA YAFUUTUNNAKA = bersegeralah
mengerjakan amal pada waktu muda selagi tidak pupus kesempatan waktumu.
contoh Firman Allah :
لَا يَحْطِمَنَّكُمْ سُلَيْمَانُ وَجُنُودُهُ
LAA
YAHTHIMANNAKUM SULAIMAANU WA JUNUUDUHUU = masuklah ke dalam
sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya
(QS. Annaml : 18)
Atau jatuh sesudah adawat syarat selain IMMAA contoh :
من يصلَنَّ رحمه يسعد
MAN YASHILLANNA ROHIMAHUU YUS’AD = barang siapa bersilaturrahim pada familinya maka ia akan mendapat kebahagiaan.