–·•Ο•·–
أبْنِيَةُ أسْمَاءِ الْفَاعِلِينَ والْمَفعُولِينَ وَالصَّفاتِ المُشَبَّهةِ بِهَا
Bentuk-bentuk Isim
Fa’il, Isim Maf’ul dan Sifat Musyabbahah
كَفَاعِلٍ صُغ اسْمَ فَاعِلٍ إذَا ¤ مِنْ ذِي ثَلَاثَةٍ يَكُونُ كَغَذَا
Bentuklah
Isim Fa’il seperti wazan FAA’ILUN, apabila berupa Fi’il Tsulatsi. Contoh:
GHODZAA (bentuk Isim Fa’ilnya GHOODIN asalnya
GHOODIWUN)
وَهُوَ قَلِيلٌ فِي فَعُلْتُ وَفَعِلْ ¤ غَيْرَ مُعَدَّى بَلْ قِيَاسُهُ فَعِلْ
Isim Fa’il
wazan FAA’ILUN tersebut jarang digunakan pada Fi’il wazan FA’ULA (dhommah’ain
fiilnya) dan Fi’il wazan FA’ILA (karoh ‘ain fiilnya) yang tidak Muta’addi,
bahkan qias Isim Fa’ilnya berwazan FA’ILUN, <lanjut ke bait
berikutnya).
وَأفْعَلٌ فَعْلَانُ نَحْوُ أشِرِ ¤ وَنَحْوُ صَدْيَانَ وَنَحْوُ الأَجْهَرِ
atau wazan
AF’ALUN atau wazan FA’LAANU. Contoh: ASYIRUN, SHODYAANU dan
AJHARU.
وَفَعْلٌ أوْلَى وَفَعِيلٌ بِفَعُلْ ¤ كَالضَّخْمِ وَالْجَمِيل وَالْفِعْلُ جَمُلْ
Isim Fa’il
wazan FA’LUN dan FA’IILUN lebih utama untuk Fi’il wazan FA’ULA (dhommah ‘ain
fi’ilnya). Contohnya DHOHMUN dan JAMIILUN Fi’ilnya berlafazh
JAMULA
وَأفعَلٌ فِيهِ قَلِيلٌ وَفَعَلْ ¤ وَبِسِوَى الْفَاعِلِ قَدْ يَغْنَى فَعَلْ
Adapun Isim
Fa’il berwazan AF’ALUN dan FA’LUN pada Fi’il FA’ULA (dhommah ‘ain fi’ilnya)
adalah jarang. Selanjutnya Fi’il wazan FA’ALA (fathah ‘ain fi’ilnya) terkadang
cukup dengan bentuk Isim Fa’il selain wazan
FAA’ILUN.
–·•Ο•·– |
Abniyatu Asmaa’il Faa’iliina, menggunkan bentuk jamak mudzakkar salim (Faa’iliina) dimaksudkan adalah bentuk Isim subjek/pelaku yang didominasi oleh subjek berakal. Ash-shifaatil-Mushabbahati Bihaa, athaf kepada lafazh Asmaa’i, secara ringkas dapat diartikan bentuk sifat yang diserupakan Isim Fa’il dan Isim Maf’ul. Akan tetapi dijelaskan nanti pada Bab berikutnya yaitu Bab As-shifatul-Musyabbahatu bi Ismil-Faa’il. Dengan demikian dhamir “Bihaa” pada Bab ini menunjukkan bahwa Marji’nya hanya kepada Asmaa’il Faai’liina saja.
Sebelumnya telah dijelaskan bahwa Fi’il terbagi dua:
1. Fi’il Tsulatsi
2. Fi’il Ghair Tsulatsi
Disebutkan juga bahwa Fi’il Tsulatsi terdapat tiga wazan:2. Fi’il Ghair Tsulatsi
1. FA’ALA, Fathah ‘Ain Fi’ilnya, Muta’addi atau
Lazim
2. FA’ILA, Kasroh ‘Ain Fi’ilnya, Muta’addi atau Lazim
3. FA’ULA, Dhommah ‘Ain, Lazim.
2. FA’ILA, Kasroh ‘Ain Fi’ilnya, Muta’addi atau Lazim
3. FA’ULA, Dhommah ‘Ain, Lazim.
oOo
Berikut adalah Wazan-Wazan Isim Fa’il dan Sifat Mushabbahah:1. Fi’il berwazan FA’ALA maka Isim Fa’ilnya ikut wazan FAA’ILUN, baik Muta’addi atau Lazim.
Contoh yang Muta’addi:
ضرب – ضارب. أخذ – آخذ
DHARABA-DHAARIBUN = Yang
Memukul
AKHADZA-AAKHIDUN = Yang Mengambil
AKHADZA-AAKHIDUN = Yang Mengambil
Contoh yang Lazim:
جلس – جالس. خرج – خارج
JALASA-JAALISUN = Yang
Duduk
KHARAJA-KHAARIJUN = Yang Keluar
KHARAJA-KHAARIJUN = Yang Keluar
oOo
2. Fi’il berwazan FA’ILA maka Isim Fa’ilnya :
a. ikut wazan FAA’ILUN apabila Muta’addi. Contoh
:
ركب – راكب. شرب – شارب
RAKIBA-RAAKIBUN =
Yang Menunggang
SYARIBA-SYAARIBUN = Yang
Meminum
b. Juga ikut wazan FAA’ILUN apabila Lazim tapi
jarang. Contoh:
سلم – سالم. عقرت -عاقر
SALIMA-SAALIMUN = Yang
Selamat/Sentosa
‘AQIRAT-’AAQIRUN = Yang Mandul
‘AQIRAT-’AAQIRUN = Yang Mandul
d. apabila Lazim paling banyak ikut wazan:
1. FA’ILUN (lk) FA’ILATUN (pr). biasanya
menunjukkan tentang makna penyakit-penyakit jasmani atau tabiat atau sifat-sifat
batin semisal kebahagiaan, kesedihan, kebaikan dll. Contoh:
فطِنَ – فَطِنٌ
FATHINA
-FATHINUN = yang cerdas
فرح – فرِحٌ
FARIHA-FARIHUN = yang
gembira
بَطِر – بَطِرٌ
BATHIRA-BATHIRUN = yang angkuh/tidak
mensyukuri Nikmat.
وحَذِرَ – حَذِرٌ
HADZIRA-HADZRUN = yang
berhati-hati/waspada
وتَعِب – تعب
TA’ABA-TA’IBUN = yang
payah/cape‘
2. AF’ALA (lk) FA’LAA’A (pr). biasanya menunjukkan
tentang makna keadaan bentuk corak atau warna atau cacat. Contoh:
حَمِر فهو أحمر
HAMIRA-AHMARA = yang
merah
عرج فهو أعرج
‘ARIJA-A’RAJA = yang
pincang
عور فهو أعور
‘AWIRA-A’WARA = yang jahat/tidak
baik
كحل فهو أكحل
KAHILA-AKHALA = yang
hitam
oOo
3. Fi’il berwazan FA’ULA maka Isim Fa’ilnya :
a. juga ikut wazan FAA’ILUN tapi jarang. Contoh
:
طهُر فهو طاهر
THAHURA-THAAHIRUN = yang
bersih/suci
حمُضَ فهو حامض
HAMUDHA-HAAMIDHUN = yang
masam
b. Yang banyak ikut wazan :
1. FA’LUN, contoh:
ضحُم – ضخْم
DHAKHUMA-DHAKHMUN = Yang
Gemuk
شهُم – شهْم
SYAHUMA-SYAHMUN = yang
tangkas/cekatan
صَعُب فهو صَعْب
SHA’UBA-SHA’BUN = yang
sulit
2. FA’IILUN, contoh:
شرُف فهو شريف
SYARUFA –
SYARIIFUN = yang mulia
نبل فهو نبيل
NABULA – NABIILUN
= yang mulia
وقبُح فهو قبيح
QABUHA –
QABIIHUN = yang jelek/tidak baik
c. sedikit ikut wazan :
1. AF’ALA, contoh:
خظب فهو أخظب
KHATZABA-AKHTHABA = yang merah
kehitaman
2. FA’ALA, contoh:
حَسُن فهو حَسنٌ
HASUNA – HASANUN
= yang bagus
وبَطُل فهو بطلٌ
BATHULA –
BATHALUN = yang juara/pahlawan
o0o
Kadang-kadang ada Fi’il Ttsulatsi wazan FA’ALA (fathah ‘ain fi’ilnya)
tercukupi tanpa mengikuti wazan Isim Fa’il FAA’ILUN, seperti contoh:طاب فهو طيب
THAABA –
THAYYIBUN = yang baik
شاخ فهو شيخ
SYAAKHA –
SYAIKHUN = yang tua
شاب فهو أشيب
SYAABA –
ASY-YABU = yang muda
oOo
Kemudian disebutkan oleh mushannif pada Bait diatas (lihat bait ke 458 dan
459). Dapat difahami bahwa Isim Fa’il wazan FAA’ILUN jarang digunakan untuk
kedua Fi’il wazan FA’ULA dan juga FA’ILA, yakni bentuk wazan Isim Fa’il FAA’ILUN
banyak digunakan pada selain kedua wazan fi’il FA’ULA dan FA’ILA. Selanjutnya
dijelaskan bahwa bentuk Isim Fa’il dari keduanya berwazan FA’ALA, AF’ALA dan
FA’LAANA. Dan dicontohkan dalam Bait oleh Mushannif dengan contoh sbb:أشِرَ – أشِرٌ
ASYIRA –
ASYIRUN = yang angkuh/tidak menyukuri Nikmat.
صَدِيَ – صديان
SYADIYA –
SHADYAANU = yang kehausan
جَهِر – أجهر
JAHIRA –
AJHARU = yang tak dapat melihat di siang hari