–·•Ο•·–
فصْل في تابع المنادىFASAL MENERANGKAN TABI’ MUNADAتَابعَ ذِيْ الضَّمِّ المُضَافَ دُونَ ألْ ¤ ألْزِمْهُ نَصْباً كَأَزَيْدُ ذَا الْحِيَلْ
Terhadap
Tabi’ yg mengikuti Munada mabni dhommah (munada mufrod alam/nakirah
maksudah) yang mana Tabi’ tsb mudhaf tanpa AL, hukumilah ia wajib
Nashob, contoh: “A, Zaidu dzal-hiyal” (Wahai, Zaid si empunya ide..!)
وَمَا سِوَاهُ ارْفَعْ أوِ انْصَبْ وَاجْعَلَا ¤ كَمُسْتَقِلٍّ نَسَقاً وَبَدَلا
Selain
Tabi’ Munada yg mudhaf tanpa Al sebagaimana diatas (yakni berupa tabi’
munada yg mufrod atau mudhaf menyandang AL) maka boleh rofa’kanlah atau
nashobkanlah. Sedangkan tabi’nya yg berupa Athaf Nasaq dan Badal,
hukumilah sebagaimana Munada itu sendiri (yakni, mabni dhammah jika
mufrod atau Nashab jika Mudhaf).
وَإنْ يَكُنْ مَصْحُوبَ ألْ مَا نُسِقَا ¤ ففِيهِ وَجْهَانِ وَرَفْعٌ يُنْتَقَى
Jika
Tabi’nya yg berupa Athaf Nasaq yg disandangi AL, maka boleh dua jalan
(Rofa’ atau Nashob) sedangkan Rofa adalah jalan yg terpilih.
–·•Ο•·– |
Untuk Munada Mabni, maka hukum Tab’inya ditafsil sebagai berikut:
1. Apabila Munada Mabni dan Tabi’nya berupa Isim Mudhaf tanpa AL yang berupa Na’at, Taukid atau ‘Athaf Bayan. Maka Tabi’ disini wajib Nashab dengan petimbangan mengikuti Mahal/posisi I’rab Munada. Dan tidak boleh dimabnikan dengan mempertimbangkan Lafazh Munada.
Contoh Tabi’ Munada berupa Na’at yang mudhaf tanpa AL :
يا خالدُ صاحبَ محمد
YAA KHAALIDU SHAAHIBA MUHAMMADIN = wahai Khalid teman Muhammad!
Contoh Tabi’ Munada berupa Athaf Bayan yang mudhaf tanpa AL :
يا صالحُ أبا عبد الله
YAA SHAALIHU ABAA ‘ABDILLAAHI = wahai Shaleh bapak Abdullah!
Contoh Tabi’ Munada berupa Taukid yang mudhaf tanpa AL :
يا تميمُ كلَّهُم
YAA TAMIIMU KULLAHUM = wahai seluruh bani Tamim…!
2. Apabila Munada Mabni dan Isim Tabi’nya berupa Mudhaf dg menyandang
AL atau berupa mufrod (tidak mudhaf). Maka Tabi’-tabi’ tersebut boleh
Rofa’ dan Nashab. Rofa’ dengan pertimbangan mengikuti Lafazh Munada, dan
Nashab mengikuti Mahal/posisi I’rab Munada.
Contoh pada Tabi’ berupa Athaf Bayan:
يا رجلُ زيدٌ وزيداً
YAA ROJULU ZAIDUN / ZAIDAN = wahai seorang Zaid…!
Contoh pada Tabi’ berupa Taukid:
يا تميم أجمعون وأجمعين
YAA TAMIIMU AJMA’UUNA / AJMA’IINA = wahai bani Tamim semuanya..!
Termasuk pada hukum Tabi’ nomer 2 – boleh rofa’ dan nashab, yaitu Athaf Nasaq yg menyandang AL, contoh :
يا خالدُ والطالب
YAA KHAALIDU WAT-THAALIBU / AT-THAALIBA = wahai Khalid dan seorang Santri.
Pada contoh ini lebih baik memilih Rofa’ menurut Imam Khalil dan Imam Sibawaihi demikian untuk menyamai pada lafazh Matbu’.
Namun dalam Al-Qur’an ditemukan Nashab, contoh:
يَا جِبَالُ أَوِّبِي مَعَهُ وَالطَّيْرَ
YAA JIBAALU AWWIBII MA’AHUU WAT-THAIRO = “Hai gunung-gunung dan burung-burung, bertasbihlah berulang-ulang bersama Daud”
Qiro’ah Sab’ah membaca Nashab sebagai
athaf kepada mahal i’rab JIBAALU. Para Nuhat seperti Imam Sibawaih dan
Imam Khalil mereka memahami dalam ayat ini bahwa Nashabnya lafazh
AT-THAIRO athaf kepada lafazh FADHLAN sebelumnya.
3. Apabila Munada Mabni dan Isim Tabi’nya berupa Athaf Nasaq tanpa AL
atau berupa Badal, maka dihukumi sebagaimana hukum Munada secara
mandiri: Mabni apabila Mufrad (tidak mudhaf) dan Nashab apabila Mudhaf,
contoh:
Athaf Nasaq tanpa AL :
يا خالدُ ومحمدُ
YAA KHAALIDU WA MUHAMMADU! = hai Khalid dan Muhammad.
Badal :
يا رجلُ خالدُ
YAA ROJULU KHAALIDU! = hai seorang lelaki Khalid..!.
Dua contoh Tabi’ diatas dihukumi seperti Munada Mufrad seperti hukum mengatakan :
يا محمدُ ويا خالدُ
YAA MUHAMMADU dan YAA KHAALIDU = Hai Muhammad! dan Hai Khalid!
Athaf Nasaq tanpa AL, Nashab karena Mudhaf:
يا خالد وصاحبَ الدار
YAA KHAALIDU WA SHAAHIBAD-DAARI = wahai Khalid dan Pemilik rumah..!
Contoh Badal, Nashab karena Mudhaf:
يا زيد أبا عبد الله
YAA ZAIDU ABAA ‘ABDILLAAHI = wahai Zaid bapak Abdullah..!