–·•Ο•·–
النُّدْبَةُBAB NUDBAHمَا لِلْمُنَادَى اجْعَلْ لِمَنْدُوبٍ وَمَا ¤ نُكِّرَ لَمْ يُنْدَبْ وَلا مَا أُبْهمَا
Jadikanlah Munada sebagai Mandub (yg dikeluhi), Isim nakirah tidak bisa dijadikan Mandub, juga tidak bisa isim Mubham.
وَيُنْدَبُ المَوْصُولُ بالَّذِيْ اشْتَهَرْ ¤ كَبئْر زَمْزَمٍ يَلِي وَا منْ حَفَرْ
Isim
Maushul yg masyhur digunakan, boleh dijadikan Mandub, seperti “waa man
hafaro bi’ro zamzamaah” = oooh… yg menggali sumur zamzam! (Abdul
Mutthalib kakek Nabi)
–·•Ο•·– |
Pengertian Nudbah (ratapan/keluhan) adalah memanggil sesuatu atau seseorang yg ditangisi karena merasa kehilangan dsb. atau memanggil sesuatu yg dirasakan sakit. contoh,
وا زيداه
WAA ZAIDAAH = ooh.. zaid!
وا ظهراه
WAA ZHOHAROOH = ooh… punggungku!
Isim-isim yg dijadikan Mandub harus berupa Isim Ma’rifah, karena
tujuan Nudbah tersebut untuk menyatakan kesungguhan rasa sedih atau
sakit, oleh karenanya mandub harus Ma’rifah dan tertentu.Tidak boleh dari Isim Nakirah contoh:
وارجُلاه
WAA ROJULAAH = oooh.. laki-laki
Tidak boleh dari Isim Mubham semisal Isim Isyarah contoh:واهذاه
WAA HADZAAH = oooh.. ini.
Juga tidak boleh dari Isim Maushul, kecuali Isim Maushul yg tidak ada
AL dan Shilahnya yg masyhur digunakan, contoh mereka mengatakan:وامن حفر بئر زمزماه
WAA MAN HAFARO BI’RO ZAMZAMAAH = oooh.. penggali sumur zamzam! (Abul Mutthalib).
Demikian contoh seperti ini telah dikenal dikalangan mereka dan digunakan manempati lafazh berikut :
واعبد المطلباه
WAA ‘ABDAL-MUTHTHALIBAAH = ooh.. ‘Abdul Muththalib! (Kakek Nabi saw).
Hukum I’rob Mandub seperti halnya Munada, yakni :Mabni Dhammah apabila berupa Isim Ma’rifah yg mufrad, semisal:
واعمرُ
WAA ‘UMARU = ooh Umar!
WAA = huruf Nida’ dan Nudbah
UMARU = Munada Mandub mabni dhammah dalam mahal nashab.
Hukum Nashab apabila berupa Mudhaf, semisal:UMARU = Munada Mandub mabni dhammah dalam mahal nashab.
وا أميرَ المؤمنين
WAA AMIIROL MU’MINIIN = ooh pemimpin muslimin!