–·•Ο•·–
التوكيد
BAB
TAUKID
بِالنَّفْسِ أوْ بِالعَيْنِ الاسْمُ أُكِّدَا ¤ مَعَ ضَمِيرٍ طَابَقَ المُؤكَّدَا
Kalimah
Isim menjadi tertaukidi oleh lafazh taukid “an-Nafsi” atau “al-’Aini” beserta
ada Dhamir mencocoki pada Isim
Muakkad.
وَاجْمَعْهُمَا بِأفْعُلٍ إنْ تَبِعَا ¤ مَا لَيْسَ وَاحِداً تكُن مُتَّبِعاً
Jama’kanlah
kedua lafazh taukid tsb dengan wazan “AF’ULU” jika keduanya tabi’ pada Isim
selain mufrad (Mutsanna/Jamak), maka jadilah kamu Muttabi’ (pengikut yg
benar).
وَكُلاً اذْكُرْ فِي الشُّمُولِ وَكِلا ¤ كِلْتَا جَمِيعاً بِالضَّمِيرِ مُوصَلَا
Ucapkanlah
untuk taukid syumul (menyeluruh) dengan lafazh Kullu, Kilaa, Kiltaa dan Jami’ yg
disambung dengan
dhamir.
وَاسْتَعْمَلُوا أيْضاً كَكُلٍّ فَاعِلَهْ ¤ مِنْ عَمَّ فِي التَّوكِيدِ مِثْلَ النَّافِلَهْ
Demikian
juga mereka menggunakan wazan Faa’ilatu dari lafazh Amma (Aammatu) seperti
faidah Kullu (untuk syumul) didalam taukid. Serupa bunyi lafazh
Naafilatu.
–·•Ο•·– |
Taukid ada dua bagian:
1. Taukid Ma’nawi (pembahasan kali ini)
2. Taukid Lafzhi (akan dibahas pada bait-bait selanjutnya)
Pengertian Taukid Ma’nawi adalah:
1. Isim Tabi’ yg disebut untuk menghilangkan kemungkinan lain dari takdir Mudhaf kepada Matbu’nya.
2. Isim Tabi’ yg disebut untuk menghilangkan maksud-maksud khusus dari lafazh penampakan Matbu’ yang umum.
Pengertian Taukid Ma’nawi bagian pertama
Dengan menggunakan lafazh AN-NAFSU dan AL-’AINU, contoh:
حادثني الأمير نفسه
HAADATSANIY AL-AMIIRU
NAFSUHU = Presiden itu berkata sendiri kepadaku.
Dalam contoh ini, andaikan cukup pada kata
AL-AMIIR (muakkad), maka ada kemungkinan penakdiran mudhaf yang terbuang, boleh
jadi yg berkata itu Wakil Presiden atau kepercayaannya atau orang lain yg
menyampaikannya. Nah, ketika Taukid disebutkan maka kemungkinan-kemungkinan
tersebut menjadi hilang.
Lafazh NAFSU = sebagai Taukid Ma’nawi, dirofa’kan
karena tabi’.
lafazh HUU = Dhamir yg merujuk pada Isim Muakkad, menjadi Mudhaf Ilaih.
lafazh HUU = Dhamir yg merujuk pada Isim Muakkad, menjadi Mudhaf Ilaih.
Disyaratkan kedua lafazh Taukid tsb bersambung
dengan Dhamir merujuk pada Isim Muakakd yang sesuai baik secara Mufrad,
Mudzakkar dan semacamnya untuk tercapainya fungsi robit antara Tabi’ dan
Matbu’.
Kedua lafazh Taukid wajib mufrad apabila mengikuti
Muakkad mufrad sebagaimana contoh diatas. Apabila Muakkadnya Isim Mutsanna atau
Isim Jamak, maka kedua lafazh Taukid tersebut dijamakkan pada Jamak Taksir
Qillah dengan wazan AF’ULU. Penggunaan Taukid jamak pada Muakkad Jamak disini
hukumnya wajib, sedangkan penggunaan Taukid Jamak pada Muakkad Mutsanna lebih
baik dari penggunaan Taukid Mufrad.
Contoh:
جاء المحمدان أنفسُهما وأعينُهما
JAA’A AL-MUHAMMADAANI
ANFUSUHUMAA WA A’YUNUHUMAA = Dua Muhammad telah datang diri keduanya
sendiri.
جاء المحمدون أنفسُهم وأعينُهم
JAA’A AL-MUHAMMADUUNA
ANFUSUHUM WA A’YUNUHUM = Banyak Muhammad telah datang diri mereka
sendiri.
جاءت الفاطمات أنفسُهن أو أعينُهن
JAA’A AL-FAATHIMAATU
ANFUSUHUNNA WA A’YUNUHUNNA = Banyak Fathimah telah datang diri mereka
sendiri.
Pengertian Taukid Ma’nawi bagian keduaPERTAMA: menggunakan lafazh KULLUN dan JAMII’UN, contoh:
قرأت القرآن كلَّه أو جميعَهُ
QARA’TU AL-QUR’AANA
KULLAHUU AW JAMII’AHUU = Aku membaca Al-Qur’an seluruhnya atau
semuanya.
Andaikan tidak didatangkan dengan lafazh KULLUN
atau JAMIIUN maka mengandung Ihtimal (kemungkinan) sebab membaca Al-Qur’an
sifatnya umum, boleh jadi yang dibaca itu lebih sedikit, atau separuh Al-Quran,
atau bahkan lebih dari itu, dll.
Disyaratkan penggunaan Taukid KULLUN dan
JAMIIUN ini dengan tiga syarat:
1. Isim Muakkadnya bukan Mutsanna, yakni harus
Mufrod atau Jamak
2. Isim Muakkadnya berupa:
2. Isim Muakkadnya berupa:
a. Isim Jamak yg terdiri dari beberapa Mufrod,
contoh:
حضر الضيوف كلُّهم
HADHARA ADH-DHUYUUFU
KULLUHUM = para tamu telah hadir semuanya.
b. Isim Mufrod yg terdiri dari beberapa bagian,
contoh:
قرأت الكتاب كلَّه
QARA’TU AL-KITAABA
KULLAHU = aku membaca kitab itu seluruhnya.
c. Isim Mufrod yg dapat dibagi menurut
pertimbangan amilnya, contoh:
اشتريت الحصان كله
ISYTARAITU
AL-HISHAANA KULLAHU = aku membeli kuda itu seluruhnya.
Lafazh AL-HISHAANA berupa bagian-bagian menurut
pembeliannya.
3. Harus bersambung dengan Dhamir yg merujuk pada
Isim Mu’akkad, seperti contoh-contoh di atas.
oOo
KEDUA: menggunakan lafazh KILAA untuk Mudzakkar dan
KILTAA untuk Muannats, keduanya digunakan pada Muakkad Mutsanna, contoh:نجح الأخوان كلاهما
NAJAHA AKHUWAANI
KILAAHUMAA = Dua saudaraku telah lulus kedua-duanya.
فازت البنتان كلتاهما
FAAZAT AL-BINTAANI
KILTAAHUMAA = Dua putriku telah sukses kedua-duanya.
Andaikan contoh diatas tidak ada lafazh Taukid
maka mengandung ihtimal, dengan mempertimbangkah Tatsniyah secara tidak
sebenar-benarnya, boleh jadi yang lulus dan yg sukses adalah salah satunya.
Disyaratkan penggunaan Taukid KILAA dan KILTAA
dengan tiga syarat:
1. Harus bisa menempatkan hukum Mufrod pada tempat
Muakkad Mutsanna.
Syarat ini untuk memungkinkan adanya dugaan
sebagian pada keduanya, sebagaimana dua contoh diatas. Demikian ini untuk
membedakan dengan contoh berikut:
تخاصم المحمدان كلاهما
TAKHOOSHOMA
AL-MUHAMMADAANI KILAAHUMAA = dua Muhammad saling bermusuhan keduanya.
Contoh ini tidak boleh, karena hukum mufrod disini
tidak bisa ditempatkan pada Isim Mutsanna, dikarenakan lafazh TAKHOOSHOMA
(saling bermusuhan) tidak mungkin terjadi pada satu orang kecuali harus
bersamaan antara keduanya. Sedangkan sebagian Ulama Nuhat membolehkannya dengan
alasan bahwa taukid disini digunakan sebagai penguat bukan sebagai penghapus
Ihtimal.
2. Harus satu didalam makna Musnad terhadap
Muakkad, jika musnadnya berbeda demikian tidak boleh seperti contoh:
مات هشام وعاش بكر كلاهما
MAATA HISYAAMU WA
‘AASYA BAKRUN KILAAHUMAA = Hisyam meninggal dan Bakar hidup
kedua-duanya.
3. Harus bersambung dengan Dhamir yg merujuk pada
Isim Mu’akkad, seperti contoh di atas.
oOo
KETIGA: menggunakan lafazh AAMMATU, seperti faidah
KULLU dan JAMII’U untuk taukid syumul. Ta’ Marbutoh pada akhir kalimahnya
sebagai Ta’ Zaidah Lazim bukan Ta’ pembeda boleh untuk Muannats dan Mudzakkar,
sebab berupa Ta’ Lil-Mubalaghah. contoh:حضر الجيش عامته
HADHARA AL-JAISYU
‘AAMMATUHU = tentara itu telah hadir semuanya
حضر الطلاب عامتهم
HADHARAT
ATH-THULLAABU ‘AAMMATUHUM = para siswa telah hadir semuanya
حضرت الفرقة عامتها
HADHARAT AL-FIRQOTU
AAMMATUHAA = rombongan itu telah hadir semuanya
حضرت الفرق عامتهن
HADHARAT AL-FIROQU
AAMMATUHUNNA = semua rombongan telah hadir semuanya
حضر الجيشان عامتهما
HADHARA AL-JAISYAANI
‘AAMMATUHUMAA = dua tentara telah hadir semuanya
حضرت الفرقتان عامتهما
HADHARAT
AL-FIRQOTAANI AAMMATUHUMAA = dua rombongan telah hadir semuanya